BAB
9
EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI
EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI
1. Efek-efek
ekonomis koperasi
Dilihat Dari Sisi
Anggota
Hubungan
koperasi yang terjadi dalam pelaksanaan operasionalnya adalah dengan anggota
yang memiliki kedudukan sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Anggota
yang berkedudukan sebagai pemilik akan memberikan dana dengan harapan akan
mendapat keuntungan,sedangkan anggota yang berkedudukan sebagai pengguna jasa
akan menggunakan jasa koperasi dengan harapan kebutuhannya tersedia di koperasi
dan akan memperoleh keuntungan dibandingkan jika memperoleh kebutuhan dari
pihak lain.
Kesimpulannya
masyarakat akan berpartisipasi dalam kegiatan koperasi jika:
- Kegiatan
yang dilakukan koperasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat
- Pelayanan
yang diberikan oleh koperasi lebih menguntungkan dibandingkan pelayanan dari
pihak di luar koperasi
2. Efek Harga
dan Efek Biaya
Partisipasi
anggota menentukan keberhasilan koperasi.Partisipasi anggota dipengaruhi oleh
besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif.
Faktor
Utilitarian adalah koperasi memberikan pelayanan berupa barang dan jasa yang
efisien yaitu dengan memberikan pengurangan biaya dan memperoleh keuntungan
dari SHU baik dengan tunai maupun dalam bentuk barang maka setiap harga yang
ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota dengan harga
untuk non anggota.
3. Analisis Hubungan Efek Ekonomis dan
Keberhasilan koperasi
Keberhasilan
koperasi tidak hanya dinilai dari laba yang didapatkan tetapi juga dari
pelayanan koperasi. fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya
partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi
partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi manfaat yang di terima oleh
anggota.
4. Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
Di
sebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan
koperasi.
Dua faktor yang
mendorong koperasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap anggotanya yaitu:
Adanya
persaingan dari organisasi lain (non koperasi)
Perubahan
kebutuhan masyarakat akibat perubahan jaman
Jika
koperasi dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada anggotanya dibandingkan
organisasi lain (pesaing) maka partisipasi anggota terhadap koperasi akan
meningkat.Untuk meningkatkan pelayanan koperasi harus mencari
informasi-informasi dari para anggota koperasi mengenai apa yang dibutuhkan
oleh anggota saat ini dan pelayanan yang seperti apa yang ingin mereka dapatkan
dari koperasi.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar